Hubungi Kami

INSTITUT PARIWISATA DAN BISNIS INTERNASIONAL
Jalan Kecak, No. 12, Gatot Subroto Timur - Bali
Phone: +62 361 - 426699
Fax: +62 361 - 426700
Email: info@jam.stpbipress.id

* Maaf tidak menyediakan form email karena alasan keamanan spam

Peningkatan Daya Saing UKM Kopi Sebagai Produk Penunjang Pelaga Agrotourism Park

Authors

  • I Wayan Pantiyasa Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Moh Agus Sutiarso Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • I Nyoman Arto Suprapto Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.22334/jam.v1i1.3

Keywords:

pemberdayaan masyarakat desa, pelaga agrotourism park, ukm kopi

Abstract

Peningkatan daya saing UKM kopi penunjang pengembangan Pelaga Agrotourism Park berbasis masyarakat sangat diperlukan sebagai usaha pemberdayaan masyarakat lokal. Melalui kegiatan-kegiatan pendampingan dan pelatihan yang terarah sesuai dengan prioritas kebutuhan mitra diharapkan Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) yang dilaksanakan oleh tim dosen Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional ini dapat mencapai target yang dicapai. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia dalam mengelola destinasi agrowisata berbasis masyarakat melalui peran aktif  pemangku kepentingan yang ada di desa Pelaga termasuk UKM kopi. Melalui pendampingan yang dilakukan oleh tim pelaksana telah berhasil dilakukan peningkatan hyginitas proses produksi dan perbaikan kemasan produk kopi bubuk dengan menggunakan label Pelaga Agrotourism Park. Kerjasama pemasaran dengan Koperasi Pegawai Negeri dan promosi melalui media sosial juga telah dilakukan, dan berdampak pada peningkatan produksi sekaligus peningkatan pendapatan.

References

Almayda, M., 2017. Place Branding in Tourism: A Review of Theoretical Approach and Management Practices. Tourism & Management Studies, 13(4). pp. 10-19. (available at https://dialnet.unirioja.es).

BPS Kabupaten Badung, 2020. Kecamatan Petang dalam Angka 2020. BPS Kabupaten Badung. Mangupura.

Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI. 2016. Pendampingan Desa – Modul Pelatihan Pratugas Pendamping Lokal Desa. Jakarta.

Kementerian Pariwisata RI. 2019. Buku Panduan Pengembangan Desa Wisata Berbasis Pendampingan Melalui Perguruan Tinggi. Jakarta.

Pantiyasa, IW., 2011. Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat (Community Based Tourism) Dalam Pemberdayaan Masyarakat – Studi Kasus di Desa Bedulu, Blahbatuh, Gianyar. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, I(2).

Pantiyasa, IW., 2019. Konstruksi Model Pengembangan Desa Wisata Menuju Smart Eco-Tourism di Desa Paksebali, Klungkung, Bali. Jurnal Kajian Bali. IX(1), pp. 165-188.

Pitana, IG., 1999. Pelangi Pariwisata Bali - Kajian Aspek Sosial Budaya Kepariwisataan Bali di Penghujung Abad. Denpasar: Penerbit BP.

Sutiarso, MA., 2020. Membangun Agrotourism Park Berbasis Masyarakat. Dalam Sutiarso, MA (Editor). Manajemen Pariwisata – Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis. Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.

Sutiarso, MA., 2018. Kriteria Pengembangan Desa Pelaga Sebagai Destinasi Agropark di Kabupaten Badung. DwijenAgro. VIII(2), pp. 220-225.

Downloads

Published

2021-02-25